Teluk Kiluan yang terletak di Provinsi Lampung yang merupakan bagian dari teras Ibukota atau lebih tepatnya sekitar 80 km dari kota bandar lampung. perjalanan menuju teluk kiluan sangatlah panjang hal ini yang membuat rasa penasaran dan bertanya dalam hati kita pun semakin besar, selain itu jalan yang menghubungkan teluk kiluan tidaklah semulus ketika kita berjalan-jalan di pulau dewata atau tempat wisata di daerah Jawa dimana pemerintah lebih condong memusatkan perhatian ke kepulauan Jawa. oleh karena itu para calon wisata diharapkan mempercayakan perjalanan kepada travel-travel berpengalaman, sebagai bahan pertimbangan mungkin anda para pembaca bisa menggunakan jasa Raykha Tours & Travel , selain harus menggunakan jasa travel yang handal para calon wisatawan haruslah mempersiapkan fisik sebaik mungkin mengingat perjalanan yang akan di tempuh membutuhkan waktu yang sangat lama. di dalam perjalanan kita akan menjumpai sebuah kampung atau habitat yang diisi oleh suku Bali dimana tempat, cara bertani, tempat ibadah, bentuk bangunan menyerupai dengan keadaan di pulau Dewata tersebut.

setelah melakukan perjalanan yang sangat panjang maka akan tiba dan disuguhkan keindahan dan kesempurnaan panorama Alam dan Pantai yang dihidangkan oleh Teluk Kiluan. Menurut sejarah dan cerita rakyat setempat nama kiluan tersebut berasal dari bahasa lampung yang mempunyai arti memilih; kata kiluan tersebut berasal dari adanya seorang pendatang yang berasal dari daerah Serang yang mempunyai kesaktian yang sangatlah tinggi bernama Raden Mas Arya. Raden Mas Arya konon menurut cerita warga setempat dapat mengetahui kapan waktu ajal baginya.Oleh karena itu disaat dan di zaman tersebut Raden Mas ditantang oleh seorang Guru Silat, karena Raden Mas sudah dapat mengetahui bahwa ajalnya akan tiba setelah bertarung oleh seorang guru silat, oleh karena itu Raden Mas meminta dan menunjuk pemakamanya berada diatas puncak teluk kiluan oleh karena itu nama tersebut menjadi KILUAN.

Kiluan sendiri menawarkan beberapa pilihan wisata yang juga diminati oleh para turis lokal maupun asing, diantaranya pemandangan pantai yang masih bagus karena masih jarang orang umum mengetahui tempat wisata tersebut, selain itu penginapan yang ditawarkan di kiluan terbilang sangatlah sederhana namun nyaman sangat cocok bagi anda untuk mencari inspirasi dan menjauhi kebisingan kota yang melulu menghidangkan kemacetan dan kesumpekan, dan back to nature sangatlah cocok dipenginapan pantai ini, karena dalam kondisi makanan kita mengkomsumsi makanan yang di dapat dari hasil tangkapan laut.

selain pemandangan pantai dan unsur back to nature, di kiluan kita disuguhkan dengan tarian lumba-lumba yang terdapat di tengah samudra dari pulau kiluan tersebut. untuk sampai kesana kita bisa meyewa kapal. ada dua jenis lumba-lumba yang terdapat di kiluan yaitu lumba-lumba hidung botol ( Tursiops Truncatus ) dengan badan yang lebih besar dan pemalu. Spesies yang kedua adalah lumba-lumba paruh panjang ( Stenella Longirostris ) yang bertubuh lebih kecil dan senang melompat. Namun lumba-lumba tersebut jumlahnya makin lama makin turun karena perburuan yang dilakukan oleh manusia.

untuk itu marilah kita menyayangi dan menjaga pelestarian alam ibu pertiwi kita ini, agar nantinya masih dapat dinikmati untuk anak cucu kita, mungkin kita tidak dapat menghilangkan pembuangan sampah sembarangan, pembangunan gedung pencakar langit yang bertubi-tubi, dan penggunaan kendaraan bermotor yang berlebihan namun setidaknya kita dapat mengurangi karena mengurangi merupakan bagian dari pencegahan secara dini.

Safe our country and proud to be indonesian….
lindungi negara kita dan bangga menjadi orang indonesia..

RAYKHA TOURS & TRAVEL
Jl. Condet Raya No.11
Balekambang, Kramat Jati
Jakarta Timur 13530

Phone : 021-87797348