Dubai Mall, mal terluas di dunia.

KOMPAS.com – Bagaimana rasanya berada di sebuah mal yang luasnya 50 kali lapangan sepak bola? Kalau Anda ingin merasakannya, kunjungilah The Dubai Mall di Dubai. Inilah mal terluas di dunia dengan lebih dari 1.200 toko beroperasi di dalamnya. The Dubai Mall mulai dibuka untuk umum pada akhir 2008 dan mampu menyedot lebih dari 30 juta pengunjung setiap tahunnya. Suatu jumlah yang sungguh fantastis!

Saking luasnya, mal ini lebih tepat disebut sebagai kota tersendiri. Pendek kata, apa saja yang ingin kita lakukan semuanya tersedia dalam satu ruangan. Selain memiliki toko-toko yang luar biasa banyak jumlahnya, The Dubai Mall juga memiliki kompleks bioskop dengan 22 layar, tempat bermain anak-anak, klinik kesehatan dan salon, restoran, arena ski es berstandar Olympiade, akuarium terbesar di dunia, air terjun buatan, kompleks toko emas, serta masih banyak lagi.

 

Jangan pernah berharap bisa melihat seluruh bagian The Dubai Mall hanya dengan sekali kunjungan. Seandainya Anda hanya meluangkan waktu setengah jam saja di setiap toko, maka Anda membutuhnya waktu minimal 25 hari nonstop hanya untuk menjelajah toko-tokonya yang berjumlah seribu lebih!

Kalau waktu yang Anda miliki sangat singkat, prioritaskan tempat-tempat yang sangat menarik saja. Kalau sampai lupa waktu, bisa-bisa Anda ketinggalan pesawat! Nah, apa saja objek paling menarik yang bisa dilihat di The Dubai Mall? Simak panduan singkat ini.

Dubai Aquarium and Underwater Zoo

Ingin melihat kehidupan bawah laut melalui akuarium raksasa? Tidak perlu pergi jauh-jauh, sambil berjalan-jalan di The Dubai Mall, Anda bisa menyaksikannya dengan gratis!  Akuarium ini juga memiliki terowongan kaca di mana pengunjung bisa melihat lebih dekat hewan-hewan laut. Masuk ke terowongan kaca ini memang tidak gratis.

Bagi yang punya cukup nyali, ada program menyelam bersama ikan hiu. Pengunjung dimasukkan dalam kerangkeng besi yang diceburkan ke dalam akuarium. Fungsi kerangkeng ini untuk melindungi penyelam dari gigitan ikan hiu. Cukup menarik, bukan?

Dubai Aquarium, aquarium terbesar di dunia di The Dubai Mall, Dubai.

Dubai Ice Rink

Tidak perlu pergi ke arena Olimpiade untuk melihat lapangan es berukuran raksasa karena di Dubai Mall juga tersedia. Arena ice rink di Dubai Mall merupakan lapangan es pertama yang berstandar Olimpiade di kawasan Timur Tengah. Dubai Ice Rink memiliki bantalan es setebal 1,5 inci, persis sama seperti yang digunakan para atlet Olimpiade. Jika belum mahir meluncur dengan sepatu es, ada sesi khusus untuk pemula.

Dubai Ice Rink di The Dubai Mall, Dubai.

Oasis Fountain Waterfall

Air terjun buatan ini berdiameter 30 meter dengan ketinggian 24 meter. Ini adalah air terjun buatan terbesar yang berada di dalam mal. Lokasi air terjun ini ada di bagian Dubai Mall yang dipenuhi kafe-kafe dan restoran.

Candylicious

Dengan luas mencapai 10 ribu meter persegi, Candylicious adalah toko manisan yang terluas di dunia. Lokasinya tepat di depan Dubai Aquarium dan sangat mencolok mata karena warna-warna permen yang meriah. Berbagai macam permen, manisan, dan coklat tersedia di sini. Selain itu, di toko ini juga dijual aneka cnderamata unik yang terbuat dari permen dan coklat.

Candylicious adalah toko manisan yang terluas di dunia.

Selain tempat-tempat menarik di atas, The Dubai Mall berlokasi sangat dekat dengan gedung tertinggi di dunia Burj Khalifa dan air mancur tertinggi di dunia Dubai Fountain. Jadi, hanya dengan sekali kunjungan, Anda bisa langsung melihat seluruh atraksi spektakuler di Dubai. (Hairun Fahrudin)