Liburan tidak melulu soal senang-senang pada siang dan malam hari. Bangun tidur dengan disuguhi pemandangan indah akan makin menyempurnakan liburan Anda. Inilah 4 spot di Pulau Jawa dengan suasana pagi terbaik.

Dihimpun oleh detikTravel, Selasa (3/4/2012), berikut 4 spot terbaik di Pulau Jawa dengan suasana pagi terbaik:

1. Ranu Kumbolo, Jatim

Semeru didaulat sebagai salah satu gunung paling indah di Indonesia, selain Rinjani di Lombok dan Pegunungan Jaya Wijaya di Papua. Salah satu alasan untuk mendaki gunung ini tak lain adalah Ranu Kumbolo, sebuah lembah yang dipercantik oleh danau di tengahnya. Ranu Kumbolo adalah lokasi favorit para pendaki untuk berkemah, terutama ketika dalam perjalanan naik ke Mahameru atau Gunung Semeru di Jawa Timur.

Karena di pagi hari, Anda akan disambut oleh matahari yang perlahan naik menyinari seluruh lembah. Tak hanya itu, seringkali embun-embun es yang menghiasi rerumputannya. Di tengah udara yang menggigit kulit ini, banyak pendaki yang lebih memilih menikmati matahari terbit dari tenda yang dipasang di pinggir danau.


2. Pangandaran, Jawa Barat

Siapa sangka pantai yang terletak di Ciamis, Jawa Barat, ini punya panorama matahari terbit yang luar biasa indah. Pagi hari sekitar pukul 05.30 WIB, keluarlah dari kamar hotel atau cottage Anda lalu beranjaklah ke pinggir pantai. Panorama matahari terbitnya tak tanggung-tanggung, mulai dari muncul perlahan dari permukaan air laut hingga bentuknya bulat sempurna seakan mengambang. Fenomena ini berlangsung sekitar 15 menit lamanya, jadi jangan sampai ketinggalan!

3. Dieng Plateu, Jawa Tengah

Dataran tinggi di Wonosobo, Jawa Tengah ini memiliki pesona pagi yang tak terkira indahnya. Dinginnya udara yang menusuk kulit akan perlahan dihangatkan dengan matahari yang perlahan menanjak bukit. Cahaya matahari yang menerobos celah dedaunan dan menghapus embun akan jadi pemandangan pagi hari yang takkan terlupa.

Bangun tidur akan jadi makin indah saat melihat pemandangan semacam itu. Jadikan pagi Anda tak terlupakan dengan bangun tidur di dataran nan indah ini.

4. Bromo, Jawa Timur

Salah satu gunung di Pulau Jawa yang memiliki keindahan pagi yang tak terkira adalah Gunung Bromo. Gunung yang terletak Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur ini memiliki desa yang diibaratkan sebagai negeri di atas awan. Tidak melebih-lebihkan, berada di desa ini seperti berdiri di awan. Anda bisa melihat arak-arakan kabut tebal yang berbentuk seperti awan saat berada di sini.

Yang tidak boleh dilewatkan adalah saat pagi hari di sini. Tebalnya kabut dan embun akan perlahan menguap saat matahari pagi menyapa. Anda bisa bangun tidur dan melihat mulut Anda mengeluarkan asap karena udara yang dingin. Belum lagi hangatnya cahaya matahari yang akan menyentuh kulit yang sedang kedinginan karena suhu yang rendah, benar-benar pengalaman yang tak bisa dibayar dengan uang.Oleh: Faela Shafa – detikTravel