Oleh: Sri Anindiati Nursastri – detikTravel

SpaceShipTwo (stuff.co.nz)

 

Jika Anda berpikir wisata luar angkasa adalah angan belaka, coba pikir kembali. Buktinya, Virgin Airlines tengah melakukan tes penerbangan terhadap Virgin Galactic, pesawat yang akan membawa Anda ke luar angkasa mulai 2013 mendatang!

Pemilik Virgin Arlines yang terkenal nyentrik, Richard Branson, pernah disebut hampir gila karena keinginannya menciptakan pesawat wisata ke luar angkasa. Tapi lihatlah buktinya, tulisan ‘Virgin Galactic’ telah menghiasi pesawat berbadan tiga bernama SpaceShipTwo. Pesawat ini telah melakukan beberapa tes penerbangan agar Anda bisa berwisata ke luar angkasa!

Berdasarkan situs stuff.co.nz yang dikunjungi detikTravel, Kamis (8/3/2012), SpaceShipTwo didesain untuk memuat enam orang penumpang dengan dua orang pilot yang mengoperasikannya. Pesawat ini didesain oleh Scaled Composites, sebuah perusahaan mesin penerbangan yang bertempat di Mojave, California.
Lalu, seperti apa wisata luar angkasa yang ditawarkan Virgin Galactic?

Anda akan dibawa pada ketinggian 113 kilometer. Setelah lepas dari atmosfer terluar bumi, Anda bisa melihat langsung bumi dari angkasa luar yang gelap gulita. Anda juga akan merasakan kondisi tanpa gravitasi selama beberapa menit!

Sejauh ini, SpaceShipTwo telah selesai menjalani 31 kali tes atmosfer. Pesawat ini sudah siap melakukan penerbangan luar angkasa pada 2013 atau 2014, tergantung hasil penerbangan dan berbagai hal lain seperti training para pilotnya.

Berminat ikut penerbangan menuju luar angkasa? Boleh saja, asalkan Anda rela merogoh kocek sebesar US$ 200.000 (sekitar Rp 1,8 milyar) per orang. Itu pun menunggu giliran 500 orang pendaftar sebelumnya!