Fasilitas kolam renang di Sands SkyPark, Hotel Marina Bay Sands, Singapura, Kamis (24/6/2010). Sands SkyPark rancangan arsitek Moshe Safdie tersebut memiliki ketinggian 200 meter dengan luas 12.400 meter persegi atau sekitar 3 lapangan bola.

 

KOMPAS.com – Matahari belum lagi beranjak naik, udara masih agak dingin tetapi kolam renang sepanjang 150 meter atau tiga kali ukuran kolam Olimpiade ini mulai ramai.

Kebanyakan pengunjung kolam tidak berenang, melainkan sibuk bergaya di depan kamera atau sekadar menikmati panorama 360 derajat kota negeri singa. Tentu saja, kesempatan berenang di kolam renang outdoor tertinggi di dunia ini terlalu sayang jika tidak diabadikan kamera.

Kolam renang tersebut berada di lantai 55 di resor Marina Bay Sands yang memiliki 2.500 kamar. Resor yang disebut-sebut termahal di dunia, dibangun dengan biaya mencapai 5,7 miliar dollar AS ini, sudah dibuka sejak tahun 2010 lalu.

Kolam renang yang menjadi daya tarik utama hotel ini berada di bagian puncak ketiga tower hotel berketinggian 200 meter ini. Bagian puncaknya yang disebut dengan Sands Skypark, mirip seperti anjungan kapal pesiar.

Kolamnya sendiri berada di bagian pinggir, sehingga memberi efek air langsung mengalir ke bawah gedung. Sepintas terlihat berbahaya berenang di kolam ini, padahal di bagian pinggir kolam masih ada lantai untuk menampung jatuhnya air kolam.

Kolam renang ini memiliki dua sistem sirkulasi. Fungsi pertama seperti umumnya kolam renang, menyaring dan memanaskan air di kolam utama. Fungsi kedua adalah memfiltar air di kolam penampung dan mengalirkannya kembali ke kolam utama.

Kolam renang tersebut dibagi menjadi tiga bagian yang menyatu, yakni kolam renang anak-anak, kolam keluarga dan kolam untuk dewasa. Di sisi kanan terdapat deretan kursi malas untuk mereka yang ingin berjemur atau menikmati panorama gedung pencakar langit.

Meski di puncak gedung, tetapi area Skypark ini cukup rindang karena dilengkapi taman. Konon jumlah pohon di Skypark ini mencapai 250 batang dan 650 batang berupa tanaman yang lebih kecil. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan kepanasan. Oasis kecil seluas 1,2 hektar ini bahkan cukup untuk mamarkir empat setengah pesawat jumbo jet A380.

Malas berenang, Anda bisa bersantai di kursi-kursi yang tersedia di sepanjang taman sambil menikmati kapal-kapal yang sedang berlabuh di kejauhan. Sebuah pengalaman yang tak terlupakan.

Selain untuk para tamu hotel, area Skypark ini juga terbuka untuk pengunjung. Dengan membayar sekitar 20 dollar Singapura, Anda bisa bersantai di area kolam renang atau menara pandang. Di sini juga tersedia restoran dan tempat hiburan terkemuka di Asia.